Contoh Safety Signs dan Fungsinya

Safety signs digunakan untuk memberi informasi kepada orang-orang di sekitar tempat kerja. Ada 4 jenis safety signs secara mendasar yakni :

Prohibition signs 

prohibition sign

Rambu-rambu ini warnanya merah dan putih dan memberitahu pada beberapa orang akan larangan melakukan suatu hal.

Mandatory Signs 

mandatory sign

Rambu-rambu ini berwarna biru dan putih dan memberitahu pada beberapa orang apa yang perlu mereka kerjakan. Mematuhi rambu ini yaitu sangat penting untuk kebanyakan orang menyangkut mengenai keselamatan dan kesehatan mereka. Termasuk untuk kebutuhan perusahaan.

Warning Signs 

warning sign

Rambu-rambu ini berwarna kuning dan hitam dan manfaatnya untuk mengingatkan beberapa orang atau pekerja akan material beresiko.

Information/Safe way sign 

safe way sign

Rambu-rambu ini berwarna hijau dan putih dan dipakai sebagai sinyal untuk kepentingan dalam evakuasi kritis darurat, dan untuk identifikasi ruang P3K.

Contoh Safety Signs yang lain yakni :

Fire Fighting Equipment – warnanya juga merah dan putih

fire fighting equipment

Hazardous Substances – warnanya orange dan hitam dan biasanya dipakai untuk label-label wadah atau container chemical.

hazardous substances sign

Selain penggunaan Alat pelindung diri seperti pakaian keselamatan, sepatu safety, kacamata safey dll saat bekerja, safety sign juga sangat berperan penting untuk mengurangi resiko kecelakaan yang akan terjadi dilokasi kerja. Pekerja perlu waspada dan aware terhadap setiap hal yang akan terjadi dilokasi kerjnya. Salam safety!

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar