Kecelakaan Kerja Di Lingkungan Pabrik


Image result for Kecelakaan Kerja Di Lingkungan Pabrik
Apa yang menjadi pemicu kecelakaan kerja di pabrik? Ada banyak yang menjadikan sebuah penyebab terjadinya kecelakaan dalam bekerja pada sebuah pabrik. Kecelakaan kerja yang dihadapi pada pabrik ialah sebuah peristiwa yang mendadak dan tidak sengaja, kejadiannya di luar kendali dan merupakan bagian yg tidak diinginkan selama bekerja. Ada banyak aspek yang membuat seseorang mengalami kecelakaan kerja di pabrik, salah satunya yaitu karena faktor teknis dan non-teknis yang dirinci seperti berikut.

Faktor Teknis 

– Tempat Kerja 

Tempat kerja dapat jadi sumber penyebabnya terjadinya kecelakaan kerja di pabrik. Karenanya setiap tempat kerja harus penuhi semua prasyarat yang berhubungan dengan keselamatan kerja, dari mulai penarangan, ventilasi hawa, suhu, lantai, kebersihan, ukuran ruangan, listrik di dalam ruangan, warna dan yang lain. Jika tidak penuhi kriteria pastinya akan menyebabkan kecelakaan kerja di pabrik.

– Kondisi Perlengkapan 

Baik perlengkapan ataupun mesin yang berada di dalam tempat kerja memiliki kemungkinan bahaya yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan pada tempat kerja. Untuk perlengkapan dan mesin yang disangkanya memiliki potensi sebagai penyebabnya kecelakaan sebaiknya diberikan pelindung tidak untuk membahayakan beberapa pekerja.

– Bahan dan Perlengkapan yang Bergerak 

Dalam memindahkan barang yang berat dan beresiko pasti akan menyebabkan terjadinya kecelakaan pada tempat kerja. Agar kecelakaan dapat dijauhi maka kamu harus pikirkan dan mempertimbangkan kembali dengan cara masak. Untuk mengangkat barang dan perlengkapan yang berat kamu dapat memakai alat bantu seperti forklift dan pastinya alat ini harus digerakkan oleh orang yang telah memiliki pengalaman.

– Transportasi 

kecelakaan kerja di pabrik yang dikarenakan oleh transportasi termasuk banyak. Agar bisa menangani dan hindari kecelakaan yang disebabkan karena transportasi pasti kamu harus memakai type transportasi yang aman dan tepat, pengoperasian dilakukan sesuai sama SOP (Standar Operasional Procedure), jalur khusus transportasi dan yang lain.

– Tools (Perlengkapan) 

Usia sampai kwalitas juga sangat berpengaruh dalam keadaan suatu perlengkapan itu yang bisa alami kecelakaan kerja. Jika dari perlengkapan pabrik alami rusaknya pasti dapat menyebabkan kecelakaan kerja di pabrik. Sebaiknya perlengkapan yang berada di dalam pabrik harus dilakukan peremajaan dan mengontrol semua kwalitas perlengkapan yang berada pada tempat kerja.

Fakor Non Teknis 

– Ketidaktahuan 

Diperlukan seorang yang memiliki pengetahuan yang lebih dalam menggerakkan mesin dan perlengkapan otomotif. Karena bila memiliki pengetahuan sudah pasti dapat menyebabkan kecelakaan pada tempat kerja itu. Pengetahuan yang diperlukan diantaranya dapat menggerakkan perlengkapan kerja, mengerti ciri-ciri pada setiap mesin dan lain sebagainya. Hal itu adalah bagian yang paling penting karena bila digerakkan dengan cara asal-asal dapat membahayakan perlengkapan dan orang itu.

– Kurangnya Dalam Kemampuan yang Dimiliki 

Untuk melakukan perawatan dan sistem maintenance dalam sistem produksi diperlukan seorang yang memiliki tingkat pendidikan pada teknisi otomotif. Biasanya mereka yang memiliki kekuatan tinggi dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan lebih memperhatiakn tingkat keselamatan dalam bekerja. Sebaiknya selalu untuk mengasah kekuatan agar jadi yang lebih baik lagi.

– Bekerja Tanpa Perlengkapan Keselamatan 

Orang yang alami kecelakaan kerja di pabrik biasanya karena sebab mereka bekerja tanpa ada perlengkapan keselamatan yang disiapkan oleh pabrik. Ada banyak perlengkapan yang telah di buat untuk memberi keselamatan pada beberapa pekerja dari mulai baju kerja (wearpack), kacamata, sarung tangan, penutup telinga untuk hindari kebisingan, tali pengaman untuk pekerja ketinggian, kacamata lasa, helm pengaman, sepatu safety, masker penutup debu, dan yang lain. Pekerja yang professional pastinya akan bekerja dengan memakai perlengkapan keselamatan yang telah disiapkan untuk hindari kecelakaan kerja di pabrik.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar