Langkah Keselamatan Di Lokasi Kerja

Image result for alat pelindung diri pekerja
Setiap jenis pekerjaan memiliki kemungkinan cedera dan kecelakaan yang tidak sama pada satu dengan yang lain. Beberapa type pekerjaan bahkan juga di ketahui memiliki kemungkinan kecelakaan yang sangat tinggi sehingg prosedur kesemalatan harus diaplikasikan dengan baik misalnya pada seseorang pekerja konstruksi, pekerja tambang, pekerja kelistrikan, driver, ABK dsb. Karenanya sangat penting untuk pekerja ataupun bos untuk memerhatikan langkah keselamatan ditempat kerja dengan baik dan benar agar terwujud K3 dan hindari kemungkinan terjadinya kecelakaan maupun cedera pada beberapa pekerja.

Dalam aplikasi K3 (Kesehatan dan keselamatan kerja) ada sangat banyak hal yang perlu di perhatikan, tersebut disini beberapa salah satunya :
  1. Selalu memprioritaskan keselamatan dalam bekerja dan memulainya dengan berdoa memohon keselamatan dari Tuhan.
  2. Memakai peralatan keselamatan kerja atau alat pelindung diri yang sesuai sama type pekerjaan yang dilakukan, misalnya :
  3. Sepatu safety membuat perlindungan kaki dari paku atau benda tajam yang lain, sengatan listrik, air ataupun partikel beresiko yang lain.
  4. Helm safety membuat perlindungan kepala dari bentrokan atau kejatuhan benda berat.
  5. Sarung tangan membuat perlindungan tangan, terlebih saat melakukan kontak dengan objek beresiko.
  6. Rompi safety untuk pekerja jalan raya atau buat mereka yang bekerja di lingkungan gelap, lembab dan panas.
  7. Dan ada banyak lagi yang lain. 
Tentang pemakaian alat pelindung diri ini dapat bahkan juga sudah ditata dalam UU dan harus untuk semua pekerja ataupun penyelenggara untuk mematuhinya.
  1. Melakukan pekerjaan seperti prosedur dan tidak menyalahi ketentuan.
  2. Mengecek alat atau peralatan kerja dan keadaan lingkungan kerja.
  3. Kerjakan maintenance atau perawatan pada mesin-mesin atau perlengkapan yang digunaan agar tidak terjadi rusaknya yang punya potensi membahayakan pemakai.
Sebagai manusia kita memiliki terbatasnya, kita tidak pernah akan tahu hal apa yang akan terjadi di hari esok dan kapan terjadinya musibah atau kecelakaan. Kerapkali bahkan juga walau sudah mengaplikasikan semua langkah keselamatan ditempat kerja hal jelek masihlah saja menimpa. Pasti karena aspek keselamatan bukan sekedar dapat diusahakan melalui usaha zahir atau usaha riil saja, namun harus juga dilakukan ikhtiar spiritual, langkahnya sudah pasti dengan memohon pada Tuhan untuk selalu diberikan keselamatan dan bekerja dan melakukan kesibukan.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar